Laptop Bekas (Second) Cocok Untuk Siapakah?

Wednesday, February 26th, 2014
Laptop Kerja

Laptop Kerja

Untuk Siapakah Laptop Second?

1. Bagi mereka yang mempunyai dana terbatas maka lebih baik membeli laptop second yang sesuai dengan kebutuhannya saat itu karena harga laptop bekas itu bisa di bawah 50% harga laptop baru. Untuk kalangan ini kami tidak menyarankan untuk memaksa diri membeli laptop baru dengan harga diluar kemampuannya sehingga bila belipun pasti akan kredit dan hutang sana sini.

2. Kalangan pemula seperti pelajar atau mahasiswa yang ingin belajar computer bila membeli laptop baru maka tidak bisa langsung menggunakan semua feature di laptop baru itu secara maksimal. Dan seandainya sudah mahir 6 bulan atau 1 tahun kemudian maka saat itu laptop baru yang dibeli mula-mula akan ketinggalan jaman juga karena sudah ada laptop yang lebih canggih dengan feature yang lebih bagus. Bila kalangan pemula ini mau berhemat kami menyarankan untuk membeli laptop bekas dahulu untuk mulai belajar kemampuan computer dan baru setelah mahir membeli laptop baru yang tentunya mempunyai feature yang lebih superior. Bila laptop second / bekas yang dipakai untuk belajar mau dijualpun tidak mengalami jumlah penyusutan yang sebesar laptop baru bisa dijual kembali.

3. Selain kategori 1 dan 2, kami menyarankan untuk perusahaan UKM yang baru memulai usaha agar membeli laptop second untuk pekerjaan administrasi dan sebagainya. Sebisa mungkin UKM yang baru berdiri menghemat dalam penggunaan modal karena menurut riset 3 dari 10 perusahaan pemula akan bangkrut sebelum tahun ke 2. Jadi andaikata jalannya usaha tidak sesuai prediksi maka kerugian menjadi tidak begitu besar.

4. Kalangan professional yang bergerak dalam bidang industri dan telekomunikasi yang memerlukan laptop yang digunakan untuk setting mesin produksi, controller, atau mesin perangkat BTS. Biasanya laptop yang digunakan harus mempunyai serial dan pararel port. Sebagian besar laptop baru entry level sampai kelas menengah tidak dilengkapi dengan serial dan pararel port. Tidak mudah menemukan laptop baru dengan serial dan pararel port dan bila ada harganya cukup mahal. Karena itu banyak kalangan professional seperti teknisi dan insinyur mengakali dengan membeli interface eksternal USB to Serial atau USB to Pararel. Tetapi banyak interface itu tidak compatible dengan software atau perangkat mesin dan controller yang ingin disetting. Contohnya ada software yang hanya berjalan di atas hardware kelas Pentium M kebawah, Juga ada mesin atau controller yang membutuhkan voltage atau sinyal yang tidak disupport oleh interface eksternal di atas. Untuk kalangan ini kami menyarankan untuk membeli laptop second all in one yang sudah lengkap dengan serial dan pararel port. Harganyapun tidak mahal karena yang paling murah hanya seharga 1 juta an.

Kami yakin selain kalangan yang kami tulis di atas, masih banyak lagi mereka yang membutuhkan laptop second / bekas dalam kegiatannya sehingga bisa berhemat atau dengan tujuan tertentu.

Kami harapkan tulisan ini bisa membantu kita untuk kembali merenungkan untuk lebih bertanggung jawab dalam penggunaan uang sehingga hanya digunakan untuk yang kita butuhkan bukan yang kita ingini.

Selanjutnya untuk kita juga perlu mengetahui cara pengecekan kondisi laptop bekas sehingga bisa memilih yang bagus.

Untuk pilihan laptop second yang berkualitas silakan kunjungi website kami di:juallaptopbekas.com

Terima kasih.

(by JLB C)

Cara Memilih dan Menilai Kondisi Laptop Bekas

Tuesday, October 29th, 2013

cek kondisi laptop

Kondisi Laptop Bekas


Seringkali kita mendengar pendapat orang untuk tidak membeli laptop bekas karena ada kemungkinan bermasalah. Hal ini bisa dimengerti karena kebanyakan orang tidak begitu mengerti bagaimana cara menilai kondisi sebuah laptop. Tetapi bila kita bisa menilai kondisi sebuah laptop, membeli laptop bekas dapat memberikan keuntungan karena harganya yang relatif murah dibanding dengan yang baru apalagi bagi sebagian orang dengan dana yang terbatas, juga bagi mereka yang mau berhemat dalam membeli laptop contohnya untuk dipakai pelajar sd / smp, atau untuk kerja administrasi di kantor, toko atau rumah karena untuk tujuan ini tidak memerlukan fitur laptop yang canggih sehingga cukup menggunakan laptop bekas.

Pada umumnya orang membeli laptop bekas dari teman atau orang yang sudah dikenal sehingga merasa lebih yakin dan aman bahwa laptop yang dibelinya itu bukan barang yang bermasalah atau rusak. Atau ada yang membeli di toko atau pihak ketiga dengan meminta bantuan teman untuk cek kondisinya terlebih dahulu. Hal ini dapat memperkecil kemungkinan bahwa laptop yang kita beli itu bermasalah.

Tetapi cara membeli laptop bekas di atas tidak menutup kemungkinan kita tetap mendapatkan laptop bekas yang bermasalah diantaranya bila pihak penjual baik itu orang yang kita kenal atau bukan tidak mengetahui bahwa laptop nya rusak, atau  teman yang kepadanya kita minta rekomendasi tidak mengerti betul cara menilai laptop bekas. Karena itu alangkah baiknya bila kita mengetahui sendiri cara menilai sebuah laptop apakah layak dibeli atau tidak.

Di bawah ini kami berusaha untuk memberikan panduan dalam menilai kondisi sebuah laptop bekas sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi kita sebelum membeli. Dengan panduan ini diharapkan bahwa peluang kita memperoleh laptop bekas yang bagus kondisinya bisa lebih besar.

Berikut adalah panduan cara memilih dan menilai / cek kondisi laptop bekas yang bagus.

1. Sebisa mungkin dibatasi dengan merk branded seperti Toshiba, IBM / Lenovo, Acer, HP Compaq, Asus, Fujitsu, NEC, Sony, dan sebagainya. Perusahaan pembuat merk branded biasanya sudah mempunyai pengalaman yang memadai sehingga laptop hasil produksinya sudah melewat berbagai test yang dapat menjamin kualitasnya. Makin lama pengalamannya biasanya laptop hasil produksinya makin berkualitas.

2. Jangan membeli laptop yang pernah diservice motherboardnya. Laptop merk apapun tidak luput dari kemungkinan rusak yang disebabkan oleh karena pemakaian yang salah, faktor listrik di negara kita yang tidak stabil, faktor panas dll. Cara yang mudah untuk memastikannya adalah dengan melihat segel dan bentuk sekrup di bagian bawah laptop. Bila segel banyak yang robek atau berlubang di bagian sekrup, atau bentuk sekrup yang rusak / aus karena gesekan kemungkinan besar laptop itu pernah dibongkar/ diservice karena rusak atau penggantian bagian yang rusak.

3. Pastikan layar tidak ada garis atau cacat. Layar LCD / LED adalah salah satu element yang terpenting dari sebuah laptop dan harganya pun cukup mahal.

4. Coba hidupkan dengan dan tanpa battery lalu cek semua hardwarenya apakah berfungsi secara normal. Cek yang lebih mendetail bila menemui error sekecil apapun.

5.  Selain Layar LCD dan battery, yang perlu dicek adalah keyboard, cdrom (bila ada), speaker, usb dan sebagainya.

6. Pastikan apakah penjual memberikan garansi service dan sparepart. Bila ada garansi, pastikan penjual mempunyai tempat dan identitas yang jelas sehingga dapat dimintai pertanggungjawaban bila terjadi kerusakan selama masa garansi.

Semoga tulisan ini membantu Anda dalam membeli laptop bekas.

Bila Anda masih belum menemukan laptop bekas yang berkualitas silakan kunjungi toko onlne kami: http://juallaptopbekas.com

(by JLB C)